About Me

Foto saya
Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
emm.. rahasia ^_^

24 Desember 2008

Kompas, 13 Desember 2008, L, Puluan Hektar Cabai Rusak

1. Kata Serapan
Nihil
2. “Tidak hanya itu, harga jual cabai pun turun karena kualitas cabai yang dihasilkan kurang baik. Saat panen tahun lalu, harganya bisa Rp 15.000 per kilogram sekarang tinggal Rp 9.000 per kilogram,” ujarnya.
“Hasil ini hanya bisa digunakan untuk menutup biaya opersional,” tutu Sudarno.
“Biasanya hujan deras baru terjadi pada pertengahan sampai akhir Desember. Saat itu cabai yangmulai ditanam pada bulan Agustus telah selesai dipanen. Namun, tahun ini cuaca semakin sulit diprediksi,” ujar Sudarno.
3. – Berdasarkan pengamatan pada Jumat (12/12), tanaman cabai yang rusak berubah warna dari hijau menjadi coklat tua.
– Tanaman cabai yang rusak tersebar di Desa Carikan, Belotan, Bendo, Kledokan, Suco, Pingkuh, dan Lemahbang
– Menurut Sudarno, salah satu petani Di Carikan, dari lahan seluas 3.500 meter persegi yang ditanami cabai, hampir separuh yang rusak.
– “Tidak hanya itu, harga jual cabai pun turun karena kualitas cabai yang dihasilkan kurang baik. Saat panen tahun lalu, harganya bisa Rp 15.000 per kilogram sekarang tinggal Rp 9.000 per kilogram,” ujarnya.
– Dengan demikian, jika biasanya dia bisa memperoleh penghasilan kotor sampai Rp15 juta, sekarang tinggal tersisa Rp 4,5 juta.
– Isnim, petai cabai lainnya di Carikan, juga mengalami kerugian akibat hasil panencabainya tahun ini berkurang separuhnya.
– Sudarno mengatakan, banyaknya tanaman cabai yang rusak disebabkan hujan deras yang terjadi pada November atau lebih awal satu bulan dari prediksi petani.
– “Biasanya hujan deras baru terjadi pada pertengahan sampai akhir Desember. Saat itu cabai yangmulai ditanam pada bulan Agustus telah selesai dipanen. Namun, tahun ini cuaca semakin sulit diprediksi,” ujar Sudarno.
– Sudarno menjelaskan, tanaman cabai bisa rusak karena air hujan yang menggenangi lahan merusak akar tanaman hinga membusuk.
– Produksi cabai di Kecamatan Bendo merupakan yang terbanyak dibandingkan delapan kecamatan lainnya di Magetan yang juga menanam cabai.
4. Sudarno, Isnim
5. Because gambarnya menarik!

0 comment:

About This Blog

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP